Haniin, Umi (2025) Pengaruh Budaya Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru di SMK Negeri 1 Merangin. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (732kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL UMI HANIIN A1D518042.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Haniin, Umi 2025. “Pengaruh Budaya Sekolah dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Guru di SMK Negeri 1 Merangin”. Skripsi Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Ali Idrus, M.Pd, ME. (II) Dr. Robin Pratama, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : budaya sekolah, kepuasan kerja, komitmen guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru di SMK Negeri 1 Merangin. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian Survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di SMK Negeri 1 Merangin. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik total sampling sebanyak 90 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dengan bantuan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan dari budaya sekolah terhadap komitmen guru dengan nilai t hitung yaitu sebesar 6,153 sedangkan nilai t tabel sebesar 1,987, maka diperoleh hasil bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,153 > 1,987 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, besarnya pengaruh antara budaya sekolah (X1) terhadap komitmen guru (Y) yaitu sebesar 30,1%. (2) Terdapat pengaruh signifikan dari kepuasan kerja terhadap komitmen guru dengan nilai t hitung yaitu sebesar 11,931 sedangkan nilai t tabel sebesar 1,987, maka diperoleh hasil bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 11,931 > 1,987 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, besarnya pengaruh antara kepuasan kerja (X2) terhadap komitmen guru (Y) yaitu sebesar 61,8%. (3) Tidak terdapat pengaruh signifikan dari budaya sekolah terhadap kepuasan kerja, dimana nilai t hitung lebih kecil dari t tabel, maka diperoleh hasil yaitu 1,401 < 1,987, nilai sig lebih besar dari 0,05 yaitu 0,164 > 0,05 sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. (4) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung budaya sekolah terhadap komitmen guru melalui kepuasan kerja dengan nilai a = 0,148, b = 0,786 dan c = 0,548, sehingga a.b > c atau 0,116 < 0,548 sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, maka variabel kepuasan kerja tidak ditemukan sebagai variabel mediator.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | budaya sekolah, kepuasan kerja, komitmen guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | HANIIN |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:18 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |