Pengembangan Buku Ajar Berbantuan Flipbook Pada Muatan IPS Fase B di Sekolah Dasar

Hardiyanti, Nadila (2025) Pengembangan Buku Ajar Berbantuan Flipbook Pada Muatan IPS Fase B di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (795kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan buku ajar elektronik berbantuan flipbook pada muatan IPS fase B di sekolah dasar, (2) mengetahui tingkat validitas dari buku ajar elektronik berbantuan flipbook pada muatan IPS fase B di Sekolah Dasar, (3) mengetahui kepraktisan dari buku ajar elektronik berbantuan flipbook pada muatan IPS fase B di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan DDD-E (decide, design, develop, evaluate). Penelitian berupa pengembangan buku ajar elektronik berbantuan flipbook pada muatan IPS fase b di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 14/I Sungai Baung Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari dengan subjek penelitian guru dan peserta didik kelas IV A. Data penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi desain dan validasi bahasa, serta angket respon guru dan angket peserta didik. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa validasi dari penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,3 dengan kategori sangat valid, dari penilaian ahli desain memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kategori sangat valid dan penilaian ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil dari penilaian angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 4,5. Penilaian dari angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 4,5 dan uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 4,67 dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa buku ajar elektronik berbantuan flipbook pada muatan IPS fase B di Sekolah Dasar valid dan praktis diterapkan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar Elektronik, Flipbook, Fase B, Muatan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HARDIYANTI
Date Deposited: 13 Feb 2025 01:54
Last Modified: 13 Feb 2025 01:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75448

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item