ZULFAIDAH, RA. (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_RA.ZULFAIDAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Zulfa, RA.Zulfaidah. 2024. Pengembangan Multimedia Iinteraktif Berbasis Nearpod dengan Pendekatan Teaching at the Right level (TaRL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr.Yantoro, M.Pd., (II) Muhammad sholeh, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pendekatan TaRL dan Pembelajaran Matematika di SD. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskrpsikan proses pengembangan multimedia interaktif berbasis Nearpod dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada pembelajaran Matematika Kelas IV di Dekolah Dasar. (2) mengetahui tingkat validitas produk pengembangan multimedia interaktif berbasis Nearpod dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada pemelajaran Matematika Kelas IV di Sekolah Dasar. (3) mengetahui kepraktisan multimedia interaktif berbasis Nearpod dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 42/IV Kota Jambi. Metode pengembangan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Reseach and Devlopment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dari kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IV serta saran dan masukan dari validasi ahli materi, media dan bahasa. Data kuantitatif pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket untuk validasi yang bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa, produk yang dikembangkan telah sesuai dengan prosedur pengembangan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas multimedia interaktif menurut hasil penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 94% dengan katagori sangat valid, penilaian ahli media memperoleh persentase sebesar 82,5% dengan katagori sangat valid, dan penilaian ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 94,28% dengan katagori sangat valid. Penilaian praktisi guru memperoleh persetase sebesar 96%, dengan katagori sangat praktis. Serta penilaian kepraktisan dari siswa melalui angket respon siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 92,4% dengan katagori sangat praktis. Multimedia interaktif berbasis Nearpod dengan pendekatan Teaching at the Right level (TaRL) materi pola gambar dan pola bilangan kelas IV yang dikembangkan layak dan sangat praktis untuk digunakan pada pembelajaran Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Selain itu multimedia interaktif ini menarik dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interactive Multimedia, TaRL Approach and Mathematics Learning in Elementary School. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ZULFAIDAH |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 01:55 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75461 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |