Pribadi, Chiquita (2025) PEMANFAATAN MEDIA SMARTPHONE DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (413kB) |
Abstract
ABSTRAK Pribadi, Chiquita Azura. 2024. Pemanfaatan Media Smartphone Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar : Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Pemanfaatan, Media Smartphone, Minat Belajar Penelitiaan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media smartphone dalam mengembangkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS di sekolah dasaar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 28/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik. Uji validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media smartphone dalam mengembangkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar yang telah diimplementasikan di SDN 28/IV Kota Jambi memiliki peningkatan terhadap perkembangan minat siswa. Perencanaan guru terdapat empat unsur yang dilakukan yakni : (1)mengidentifikasi kegiatan utama, (2)menentukan alur, (3)alokasi waktu dan sumber daya, (4)implementasi. Pada implementasi media smartphone memberikan manfaat bagi guru dan peserta didik, guru lebih kreatif dan inovatif dan inovatif, mengembangkan perhatian dan minat peserta didik, membantu mengembangkan pemahaman dan tercapailah tujuan pembelajaran, serta dapat menciptakan ruang yang menyenangkan. Selanjutnya pada dampak media smartphone terdapat dampak positif dan juga negatif Dari hasil penelitiaan dapat disimpulkan sekolah telah melaksanakan perencanaan media smartphone dengan baik, implementasi yang dilaksanakan dengan baik dan bijak, serta terdapat dampak positif dan negatif pada pemanfaatan media smartphone dalam mengembangkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Media Smartphone, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PRIBADI |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 06:37 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |