SARI, MEGA MUSFITA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LECTORA INSPIRE MATERI KESETIMBANGAN LARUTAN DENGAN STAD DAN TGT SMAN 4 KOTA JAMBI. JURNAL EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LECTORA INSPIRE MATERI KESETIMBANGAN LARUTAN DENGAN STAD DAN TGT SMAN 4 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.doc Download (102kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.docx Download (19kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (42kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (34kB) |
Abstract
ABSTRAK Musfita Sari, Mega. 2018. Efektivitas Penggunaan Lectora Inspire Materi Kesetimbangan Larutan dengan STAD dan TGT di SMAN 4 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendididkan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Yusnelti, M,Si (II) Dr. Harizon, M,Si Kata Kunci: Efektivitas, Lectora Inspire, Kesetimbangan Larutan, STAD, TGT. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran guru kimia kelas XI di SMAN 4 Kota Jambi jika menggunakan model pembelajaran kooperatif yang bervariasi disertai multimedia dengan kondisi materi yang banyak dan waktu sedikit, maka target pembelajaran tidak akan tercapai. Pada dasarnya, jika pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan RPP yang sebelumnya telah diperhitungkan dan diatur waktunya, maka target pembelajaran akan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan manakah yang lebih efektif hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Lectora Inspire materi kesetimbangan larutan dengan STAD dan TGT. Selanjutnya data keterlaksanaan model tersebut akan digunakan untuk melihat pengaruhnya terhadap efektivitas penggunaan Lectora Inspire pada kedua kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (Quasy Experimental Designs). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan postest. Teknik analisa data menggunakan rumus uji-t, dengan asumsi data harus berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil uji normalitas di kelas ek-sperimen I yaitu Lhitung = 0.14379 < Ltabel = 0.16100 dan di kelas eksperimen II Lhitung = 0.08880 < Ltabel = 0.16100 sehingga data kedua kelas berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji homoggenitas didapatkan Fhitung = 1.65220 < Ftabel = 1.86081 menandakan kedua kelas homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t, diperoleh thitung sebesar 3.44686 > t Tabel 2.002 pada α = 5%. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas penggunaan Lectora Inspire materi kesetimbangan larutan dengan STAD memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih besar dibandingkan efektivitas penggunaan Lectora Inspire materi kesetimbangan larutan dengan TGT pada siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mega Musfita Sari |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 07:43 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 07:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |