Ramadiani, Pina (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DALAM BENTUK FLIPBOOK BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR FASE B. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LENGKAP_PINA RAMADIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur dari pengembangan bahan ajar materi wujud zat dan perubahannya dalam bentuk flipbook berbantuan aplikasi canva untuk siswa sekolah dasar fase B, (2) untuk mendeskripsikan tingkat validitas dari pengembangan bahan ajar materi wujud zat dan perubahannya dalam bentuk flipbook berbantuan aplikasi canva untuk siswa sekolah dasar fase B, (3) untuk mendeskripsikan tingkat kepraktisan dari pengembangan bahan ajar materi wujud zat dan perubahannya dalam bentuk flipbook berbantuan aplikasi canva untuk siswa sekolah dasar fase B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Jenis data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data penelitian didapat dari validator, guru, dan peserta didik. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran perbaikan dari validator. Guru dan peserta didik juga memberikan penilaian terkait produk bahan ajar flipbook yang dikembangkan pada proses wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil angket validasi ahli materi, media, dan Bahasa, angket praktisi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan meliputi (1) bahan ajar materi wujud zat dan perubahannya dalam bentuk flipbook berbantuan aplikasi canva untuk siswa sekolah dasar fase B, (2) hasil validitas bahan ajar berupa flipbook dari validasi materi pembelajaran memperoleh skor rata-rata 4,84 dengan kategori sangat valid, hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,66 dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori sangat valid, (3) hasil kepraktisan bahan ajar berupa flipbook dari angket respon pendidik dengan skor rata-rata 4,94 kategori sangat praktis, dan hasil angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,67 dengan kriteria kepraktisan sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar materi wujud zat dan perubahannya dalam bentuk flipbook berbantuan aplikasi canva untuk siswa sekolah dasar fase B sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar pendukung pembelajaran IPAS di kelas IV sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Flipbook, Canva |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RAMADIANI |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 03:35 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |