Andrian, Oktavia (2025) Penerapan Model Probing-promting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 139/1 Sungai Buluh. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV SDN 139/ 1 Sungai buluh dengan menerapkan model Probing-promting. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas II. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta analisis kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan penilaian model Probing-promting. Model Probing-promting diterapkan dengan salah satu metode yang berorientasi pada penggalian konsep melalui pertanyaan-pertanyaan yang diarahkan kepada siswa, yang bertujuan untuk menstimulasi daya pikir mereka agar lebih analitis dan reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Probing-Prompting secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan melalui beberapa indikator, antara lain penjelasan sederhana, pembangunan keterampilan dasar, kemampuan menyimpulkan, serta pemberian penjelasan lanjut. Pada siklus pertama, rata-rata keberhasilan siswa mencapai 52,38%, dan meningkat menjadi 80, 95% pada siklus kedua. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru untuk memanfaatkan model yang kreatif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Probing-Prompting, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Andriani |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:20 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |