Saputri, Irma Armelia (2025) Pemanfaatan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Materi Ragam Bentang Alam Kelas IV SDN 14/I Sungai Baung. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_IRMA ARMELIA SAPUTRI_A1D121021.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (299kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan media Pop-Up Book materi ragam bentang alam kelas IV SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi keaktifan belajar siswa dan lembar observasi guru dalam penggunaan media Pop-Up Book, serta diperkuat dengan data hasil wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan media Pop-Up Book pada materi ragam bentang alam. Terligat dari pertemuan 1 siklus I diperoleh persentase sebesar 41,92%, siklus I pertemuan 2 diperoleh sebesar 50,4%, dengan peningkatan 8% . Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 67,70% dengan peningkatan 18% dan pertemuan 2 siklus II telah mencapai kkriteria ketuntasan keberhasilan sesuai dengan yang diharapan peneliti diperoleh sebesar 74%. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan keaktifan belajar siswa pada materi ragam bentang alam kelas IV SDN 14/I Sungai Baung mengalami peningkaran setelah memanfaatkan media Pop-Up Book. Hal ini dibuktikan pada pertemuan terakhir pada siklus II persentase keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan menjadu 74% dengan jumlah siswa sebanyak 18 siswa. Maka tindakan yang diberikan melalui pemanfaatan media Pop-Up Book berhasil dalam meningkatan keaktifan belajar siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih banyak memberikan kesempatan untuk siswa bertanya. Ini dilakukan supaya siswa lebih percaya diri dan memberikan kemudahan siswa untuk memahami materi yang masih dibingungkan. Kemudian gambar yang disajikan pada media Pop-Up Book berukuran lebih besar lagi supaya siswa yang duduk dibelakang dapat melihat dengan jelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pop-Up Book, Keaktifan Belajar, Ragam Bentang Alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Saputri |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:14 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 02:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |