Implementasi Kegiatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Meningkatkan Big Five Personality Siswa Di SDN 59/IV Kota Jambi

Rizkia, Nadila Putri (2025) Implementasi Kegiatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Meningkatkan Big Five Personality Siswa Di SDN 59/IV Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan .pdf

Download (255kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_NADILA PUTRI RIZKIA_A1D121147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembangunan pendidikan di Indonesia bertujuan tidak hanya untuk menciptakan generasi yang cerdas secara akademik tetapi juga memiliki karakter kuat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan dimensi kepribadian Big Five Personality pada siswa kelas V SDN 59/IV Kota Jambi. Teori Big Five Personality mencakup lima dimensi utama, yaitu neurotisisme, keterbukaan terhadap pengalaman (openness), keramahan (agreeableness), ekstraversi (extraversion), dan kecermatan (conscientiousness). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Implementasi P5 bertumpu pada dimensi kebhinekaan global, dengan tujuan untuk menginternalisasi nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan rasa hormat terhadap perbedaan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan berbasis proyek secara signifikan mendukung pengembangan dimensi Big Five Personality. Peserta didik menunjukkan peningkatan dalam keterbukaan terhadap pengalaman baru, kemampuan berkolaborasi, rasa tanggung jawab, dan kemampuan mengelola emosi. Selain itu, kegiatan P5 juga menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menyenangkan, mendorong keterlibatan aktif siswa, serta memperkuat nilai-nilai dasar Pancasila seperti gotong royong, kebhinekaan, dan berkeadilan sosial. Penelitian ini menegaskan pentingnya perencanaan yang komprehensif, inovasi dalam pengelolaan pembelajaran berbasis proyek, serta dukungan guru dan sarana sekolah dalam keberhasilan implementasi P5. Hasil penelitian diharapkan menjadi acuan bagi institusi pendidikan, terutama pada jenjang sekolah dasar, untuk mengembangkan model pendidikan berbasis karakter yang lebih efektif dan adaptif dalam menghadapi tantangan abad ke-21.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Big Five Personality, Pendidikan Karakter, Kebhinekaan Global, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NADILA PUTRI RIZKIA
Date Deposited: 04 Mar 2025 03:41
Last Modified: 04 Mar 2025 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75791

Actions (login required)

View Item View Item