MT, MAYANG SARI (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Pada Elemen Geometri Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (323kB) |
Abstract
MT, Mayang Sari. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Pada Elemen Geometri Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M. Pd. (II) Risdalina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, leaflet, geometri Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran leaflet pada elemen geometri kelas V sekolah dasar, (2) mengetahui tingkat validitas storyboard serta validitas pengembangan produk leaflet pada elemen geometri kelas V sekolah dasar, (3) mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran leaflet pada elemen geometri kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Adapun data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif berupa analisis pada observasi awal, saran dan kritik dari validator, praktisi serta respon peserta didik terkait produk yang telah dikembangkan. Data kuantitatif penelitian ini diperoleh dari angket validasi storyboard, materi, media, bahasa, serta angket validasi praktisi. Penelitian ini dilakukan dikelas V SDN 56/I Desa Aro, pada Oktober 2024. Data dari penelitian diperoleh melalui validasi yang ditujukan kepada ahli storyboard, ahli materi matematika, ahli media pembelajaran, ahli bahasa dan guru kelas. Selain itu, data diperoleh dari analisis pengamatan saat penelitian serta wawancara bersama peserta didik dan guru kelas. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran leaflet pada elemen geometri kelas V sekolah dasar yang dikembangkan dengan canva. Hasil dari validasi ahli storyboard memperoleh skor 4,8; ahli materi memperoleh skor 4,5; ahli bahasa memperoleh skor 4,7; ahli media memperoleh skor 3,4. Dengan demikian media pembelajaran leaflet sangat valid untuk digunakan. Hasil penilaian dari ahli praktisi memperoleh skor 4,6 dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan juga diperoleh melalui respon peserta didik dalam pengisian angket, wawancara, dan antuisme dalam penggunaan media pembelajaran leaflet. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran leaflet yang telah dikembangkan sangat valid dan sangat praktis dalam penggunaannya, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika dikelas V sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, leaflet, geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MT |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:29 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75854 |
Available Versions of this Item
-
Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Pada Elemen Geometri Kelas V Sekolah Dasar. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Pada Elemen Geometri Kelas V Sekolah Dasar. (deposited 06 Mar 2025 06:29) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |