Rachmawati, Ira (2025) Analisis Kemampuan Spasial Siswa Berdasarkan Cognitive Load Theory Siswa Kelas XII SMA N 13 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Rachmawati, Ira. 2025. Analisis Kemampuan Spasial Siswa Berdasarkan Cognitive Load Theory Siswa Kelas XII SMA Negeri 13 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Husni Sabil, M.Pd., (2) Ranisa Junita, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: analisis, kemampuan spasial, cognitive load theory, dimensi tiga Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masalah yaitu rendahnya kemampuan spasial siswa pada materi dimensi tiga dan tujuan penelitian untuk menganalisis kemampuan spasial siswa berdasarkan cognitive load theory pada siswa kelas XII SMA Negeri 13 Kota Jambi dan mendeskripsikan kemampuan spasial siswa berdasarkan kevalidan, keabsahan, dan kejenuhan data yang didapat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 13 Kota Jambi pada Januari 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 di SMA Negeri 13 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan tahap pra penelitian, penelitian, dan pengumpulan data. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan data berupa kemampuan spasial siswa masih cukup rendah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan dan sehingga masih terdapatnya beban kognitif pada diri siswa. Rata-rata siswa mengalami beban kognitif intrinsic dan beban kognitif extraneous pada diri mereka yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal dimensi tiga. Oleh karena itu, guru perlu menyusun pembelajaran yang dengan strategi, media, dan metode yang sesuai sehingga tidak dapat mengurangi beban kognitif pada diri siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kemampuan Spasial, Cognitive Load Theory, Dimensi Tiga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | RACHMAWATI |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 04:42 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 12:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |