Pakpahan, Gritia Putri (2025) ANALISIS HAMBATAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN DI KELAS IV FASE B SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
Lembar persetujuan & pengesahan.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
TIA_FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi faktor dan kelipatan di kelas IV Fase B sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 121/I Muara Singoan yang beralamat di Jl, Muara Singoan, Kec. Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Setelah itu dilakukan analisis data secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian analisis hambatan belajar ditemukan tidak adanya kesiapan belajar yang dimilki oleh peserta didik untuk belajar matematika materi faktor dan kelipatan baik dari fisik, mental, emosional, materiil, kebutuhan dan pengetahuan peserta didik. Metode pengajaran yang digunakan oleh guru kurang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik serta kurangnya pengetahuan peserta didik pada materi faktor dan kelipatan sehingga tidak dapat mendeskripsikan materi hingga pemecahan soal faktor dan kelipatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan kekeliruan dalam langkah-langkah pengerjaannya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya hambatan belajar peserta didik kelas kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan yang disebabkan oleh adanya faktor penyebab yaitu hambatan ontogenik yang berkaitan dengan kesiapan belajarr peserta didiik, hambatan didaktis yang berkaitan dengan pengajaran guru dan hambatan epistemologis berkaitan dengan pengetahuan konsep peserta didik. This research aims to describe the learning obstacles experienced by students in learning mathematics on factors and multiples in class IV Phase B elementary school. This research was conducted at SD Negeri 121/I Muara Singoan which is located at Jl, Muara Singoan, District. Muara Bulian, Batang Hari Regency, Jambi. This research using qualitative research methods with a case study approach Data collection techniques use observation, interviews and tests. After that qualitative data analysis was carried out. Based on the results of research analysis, learning barriers were found to be non-existent students' learning readiness to learn mathematics material factors and multiples of physical, mental, emotional, material, needs and students' knowledge. The teaching methods used by teachers are lacking can increase students' motivation and understanding and lack thereof students' knowledge of factors and multiples material so they cannot describing the material to solving related factor and multiple problems with everyday life and mistakes in steps the workmanship. The results of this research can be concluded that there are obstacles to students' learning class IV of SD Negeri 121/I Muara Singoan which is caused by factors The cause is ontogenic barriers related to learning readiness students, didactic obstacles related to teacher teaching and Epistemological barriers relate to students' conceptual knowledge.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan Belajar, Matematika, Kelipatan dan Faktor |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PAKPAHAN |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 03:24 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |