Efektivitas Model GENICS (Grouping, Explorating, discussioN, Individual activity, Combining, Sharing) Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Meta-skills Siswa SMA

Herlina, Nova (2025) Efektivitas Model GENICS (Grouping, Explorating, discussioN, Individual activity, Combining, Sharing) Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Meta-skills Siswa SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Nova Herlina_Skripsi full.pdf

Download (9MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (715kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (588kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (846kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (667kB)
Official URL: hhtps://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah (rendah 57%, tinggi 24%, sedang 13%, sangat tinggi 7%, sangat rendah 0%) dan meta-skills (sedang 48%, rendah 42%, tinggi 7%, sangat rendah 2%, sangat tinggi 1%) kemampuan siswa yang masih belum optimal meskipun sudah menggunakan model-model pembelajaran yang direkomendasikan oleh kurikulum pada pembelajaran berdiferensiasi. Kurikulum pembelajaran memiliki dampak sebesar 47% sebagai faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran disekolah menjadi dorongan dilakukannya penelitian. oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas model GENICS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan meta-skills siswa dibandingkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL dan seberapa besar efektivitasnya. Penelitian eksperimen semu dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Jambi dengan menggunakan desain Non-randomized Control-Group Pretest Posttest. Populasi adalah seluruh kelas X (432 siswa), dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-10 (36 siswa) sebagai kelas eksperimen dan X-11 (36 Siswa) sebagai kelas kontrol. Perangkat Ajar berupa ATP, Modul Ajar, dan LKS yang dikembangkan dikedua kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essai untuk mengukur kemampuan Pemecahan masalah (pretest-postest) dan kuesioner untuk mengukur meta-skills siswa pretest-postest) serta lembar observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif, regresi linier berganda untuk menguji konsistensi keterlaksanaan sintaks pembelajaran, One-Way MANCOVA untuk menguji hipotesis setelah memenuhi beberapa asumsi, serta perhitungan effect size menggunakan partial eta-squared jika H1 diterima. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan; 1) terdapat perbedaan efektivitas (rendah) model Pembelaajran GENICS dan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan meta-skills awal siswa dengan mengontrol kemampuan pemecahan masalah dan meta-skills awal siswa; 2) terdapat perbedaan model pembelajaran GENICS dan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan mengontrol kemampuan pemecahan awal siswa; dan 3) tidak terdapat perbedaan model pembelajaran GENICS dan PBL terhadap meta-skills dengan mengontrol kemampuan meta-skills siswa Berdasarkan hasil disarankan bahwa model GENICS dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan meta-skills siswa dengan mengoptimalkan sintaks pembelajaran

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GENICS, Kemampuan pemecahan masalah, Pembelajaran berdiferensiasi, Meta-skills
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Nova Herlina
Date Deposited: 14 Mar 2025 06:33
Last Modified: 15 Oct 2025 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76340

Actions (login required)

View Item View Item