Yuliarti, Dev (2025) Analisis kesalahan berbahasa pada keterampilan berbicara bahasa arab santri pondok pesantren jauharul falah al-islamy muaro jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB I..pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V..pdf Download (849kB) |
![]() |
Text
COVER..pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN..pdf Download (79kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam keterampilan berbicara bahasa Arab di kalangan santri Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy. Fokus utama penelitian meliputi identifikasi jenis kesalahan, faktor penyebab, serta upaya perbaikan yang telah dilakukan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa yang paling sering terjadi adalah (1) kesalahan morfologi dan sintaksis. Kesalahan morfologi meliputi ketidaksesuaian penggunaan kata kerja dengan subjek serta kesalahan dalam perubahan bentuk kata, serta kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah nahwu, seperti penggunaan objek yang salah dan penempatan kata kerja yang tidak tepat. (2) Faktor utama penyebab kesalahan ini antara lain kurangnya minat santri dalam mempelajari bahasa Arab, latar belakang pendidikan yang beragam, serta kurangnya penguasaan kosa kata. Faktor eksternal seperti dukungan keluarga dan lingkungan sekolah formal yang berpengaruh terhadap keterampilan berbicara santri. (2) Dalam upaya qismullugho dalam memperbaiki kesalahan tersebut, Qismullugho menerapkan berbagai strategi seperti latihan harian, program muhadātsah, muhādharah. Peneliti menyarankan peningkatan bimbingan, evaluasi berkala, dan pelatihan intensif nahwu-shorof untuk mengatasi kesalahan berbahasa santri. Kerja sama antara Qismullugho, pengajar, dan santri perlu diperkuat guna menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan keterampilan berbicara. This study aims to analyze language errors in Arabic speaking skills among students of the Jauharul Falah Al-Islamy Islamic Boarding School. The main focus of the study includes identifying types of errors, causative factors, and improvement efforts that have been made. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the most common language errors are (1) morphological and syntactic errors. Morphological errors include inappropriate use of verbs with subjects and errors in changing word forms, and sentences that do not comply with nahwu rules, such as incorrect use of objects and incorrect placement of verbs. (2) The main factors causing these errors include the lack of interest of students in learning Arabic, diverse educational backgrounds, and lack of vocabulary mastery. External factors such as family support and formal school environments that influence students' speaking skills. (2) In Qismullugho's efforts to correct these errors, Qismullugho applies various strategies such as daily practice, muhadātsah, muhādharah programs. The researcher suggests increasing guidance, periodic evaluation, and intensive nahwu-shorof training to overcome students' language errors. Cooperation between Qismullugho, teachers, and students needs to be strengthened in order to create a learning environment that supports the development of speaking skills.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Arab , kesalahan berbahasa, keterampilan berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YULIARTI |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 01:43 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 01:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |