RAMADHAN, SARAH AFILLAH (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Sarah Afillah Ramadhan.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (327kB) |
Abstract
Flipbook adalah buku digital tiga dimensi yang di dalamnya bisa memuat teks, gambar, video, musik atau lagu, dan animasi bergerak. Sehingga flipbook sendiri masuk ke dalam kategori buku digital atau e-book (electronic book). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa flipbook yang berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran materi asam basa. Literasi digital peserta didik menjadi fokus utama dalam pengembangan ini, dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4-D yaitu, Define, Design, Develop, Disseminate. Pengembangan ini meliputi wawancara guru dan angket respon peserta didik, untuk melihat proses pembelajaran di sekolah serta permasalahan-permasalahan yang timbul selama proses pembelajaran berlangsung khususnya pada mata pelajaran kimia. Instrumen pengembangan melibatkan lembar validasi ahli media, validasi ahli materi, serta kelayakan dan hasil produk. Dengan menggunakan model R&D 4-D, diharapkan bahwa media pembelajaran flipbook ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep asam basa, tetapi juga mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan literasi digitalnya yang diperlukan dalam era digital saat ini. Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli media sebesar 4,75 (sangat layak) dan ahli materi sebesar 4,64 (sangat layak). Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian guru diperoleh rerata skor 4,75 (sangat layak). Kemudian mendapat respon yang sangat baik pula dari peserta didik pada skala 5 dengan rerata skor sebesar 88,6% (sangat baik). Dan untuk kemampuan literasi digital peserta didik pada skala 5 mencapai 84,4% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan dan hasil analisis penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook berbasis Problem Based Learning (PBL) ini valid menurut pendapat ahli, dan termasuk kategori sangat baik berdasarkan hasil tanggapan guru dan respons peserta didik, serta dapat meningkatkan Literasi Digital peserta didik dalam materi Asam Basa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipbook, Problem Based Learning, Asam Basa, Literasi Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | RAMADHAN |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:50 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |