Putri, Handini Asitha (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CREATIVE PROBLEMSOLVING YANG MENDUKUNG CREATIVE SELF-EFFICACY SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (584kB) |
![]() |
Text
FIX SKRIPSI HANDINI ASITHA PUTRI A1C221023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (584kB) |
Abstract
Meningkatkan Creative Self-Efficacy (CSE) siswa sangat penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e modul berbasis creative problem-solving yang mendukung creative self-efficacy siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah dosen Program Studi Pendidikan Matematika sebagai tim ahli, guru matematika kelas VIII SMP N 5 Kota Jambi, dan siswa kelas VIII B SMP N 5 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas desain dan materi, angket praktikalitas untuk guru dan siswa, angket respon siswa, serta angket creative self-efficacy. Hasil penelitian ini ialah e-modul berbasis creative problem-solving yang mendukung creative self-efficacy siswa SMP pada materi persamaan garis lurus memenuhi kriteria kualitas produk yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. E-modul yang dikembangkan dinyatakan layak di mana untuk aspek kevalidan diperoleh persentase skor penilaian sebesar 96,92% dengan kriteria “Sangat Valid” pada segi materi dan skor 96,92% dengan kriteria “Sangat Valid pada segi desain. Untuk aspek kepraktisan, diperoleh persentase skor sebesar 96,92% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh guru dan skor 81,11% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh siswa. Untuk aspek keefektifan, diperoleh persentase skor 82,25% dengan kriteria “Sangat Efektif” dari hasil angket respon siswa dan hasil N-Gain sebesar 0,684, sehingga emodul dinyatakan cukup efektif untuk mendukung creative self-efficacy siswa. Pengembangan e-modul ini berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran matematika di SMP, serta membantu siswa mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah secara kreatif dan efektif, serta meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menghadapi tantangan matematika.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 09:04 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 09:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |