Ardhiani, Rizqy Amaliah (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI RIZQY AMALIAH TERBARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
Abstract
Ardhiani, Rizqy Amaliah, 2025. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing; (I) Prof. Dr. M Rusdi, S.Pd., M.Sc. (II) Dra. Yusnidar, M.Pd. Kata Kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Larutan elektrolit dan non elektrolit, Liveworksheet, Berpikir kritis Penelitian ini untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berorientasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII-3 di SMA N 6 Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan ahli media dan ahli materi, penilaian guru, dan respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berorientasi kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develepoment (R&D) dengan model pengembangan Lee & Owens (2004) yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, dan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa e-LKPD berbasis Problem Based Learning memperoleh kelayakan dari validasi ahli media dan ahli materi dengan persentase 97% dan 89,4%. Memperoleh penilain oleh guru sebesar 91,4% dan respon peserta didik terhadap media e-LKPD dengan persentase sebesar 93,4%. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan e-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berorientasi kemampuan berpikir kritis peserta didik media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Problem Based Learning, Larutan elektrolit dan non elektrolit, Liveworksheet, Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ARDHIANI |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 07:37 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |