PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 18 MERANGIN

Oktia, Reni (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 18 MERANGIN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (158kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada 19 hingga 23 Agustus 2024 di Kelas XI SMAN 18 Merangin dapat dilihat bahwa tingkat motivasi dan minat belajar sejarah siswa masih sangatlah rendah. Hal ini dibuktikan dengan masih ada beberapa siswa yang tidak fokus mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh guru dan terlibat percakapan dengan teman sebelahnya pada saat proses pembelajaran sejarah berlangsung. Selain itu, keterlibatan atau partisipasi siswa masi sangat kurang selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetaui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMAN 18 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Quasi-Eksperimenat Designs dalam bentuk Non-Equivalent Control Group yang akan membuat dua kelompok eksperimen yang tidak dipilih melalui Random. Sampel penelitian ini terdiri dari seluruh populasi yaitu kelas XI F2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Problem based learning (X) terhadap motivasi belajar sejarah (Y1) dan minat belajar (Y2) pada siswa kelas XI SMA Negeri 18 Merangin berdasarkan hasil uji independent sample t test variabel motivasi yaitu nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 dan uji independent sample t test variabel minat dengan hasil nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,002 < 0,05.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi dan Minat Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Oktia
Date Deposited: 17 Apr 2025 01:41
Last Modified: 17 Apr 2025 01:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77279

Actions (login required)

View Item View Item