STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT AN-NAHL JAMBI

Ghifari, Muhammad Andra and Rahman, Marlita Andhika and Ekawati, Yun Nina (2025) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT AN-NAHL JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ANDRA GHIFARI_G1C120054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER SKRIPSI MUHAMMAD ANDRA GHIFARI_G1C120054.pdf

Download (95kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Abstrak SKRIPSI MUHAMMAD ANDRA GHIFARI_G1C120054.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI MUHAMMAD ANDRA GHIFARI_G1C120054.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI MUHAMMAD ANDRA GHIFARI_G1C120054 (1).pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Pustaka SKRIPSI MUHAMMAD ANDRA GHIFARI_G1C120054 (1).pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK LATAR BELAKANG Salah satu aspek pendidikan yang paling penting di dunia modern adalah pendidikan karakter. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup, bukan hanya membahas tentang spiritualitas namun mengandung ajaran yang komprehensif, holistic dan universal. TUJUAN untuk mengetahui strategi guru terhadap menanamkan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di SDIT An-Nahl Jambi METODE Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan partisipan. Adapun kriteria partisipan yang ditetapkan untuk penelitian adalah guru kelas yang mengajar di SDIT An-Nahl Jambi, dan sudah mengajar 3 tahun. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik Interpretative Phenomenological Analysis. HASIL Strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter Al-Qur’an mencakup beberapa tema, yaitu Perintah mengikuti Syariat Islam, larangan sebagai Batasan perilaku, memotivasi siswa untuk berbuat baik, memperingatkan nilai akhlak kepada siswa, bercerita kisah keteladanan, berdialog dengan siswa, pembiasaan akhlak, dan guru menjadi teladan bagi siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi partisipan meliputi peran guru dalam membina karakter, peran orang tua dalam mendukung pembelajaran di sekolah serta latar belakang dan karakter siswa beragam. KESIMPULAN Partisipan menggunakan berbagai model pengajaran dalam menanamkan pendidikan karakter Al-Qur’an. Namun ada beberapa faktor tertentu yang mempengaruhi jalannya strategi yang telah dilakukan KATA KUNCI : Guru, Pendidikan Karakter Al-Qur’an, Strategi

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an Character Education, Strategy, Teacher
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ghifari
Date Deposited: 15 May 2025 01:56
Last Modified: 15 May 2025 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78352

Actions (login required)

View Item View Item