Sembiring, May Yani Br (2025) Indentifikasi Keterampilan Kolaborasi Pembelajaran Lesson Study Tahapan Do Pada Mata Kuliah Perubahan Iklim Menggunakan TBLA Berbantuan NVivo. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK-1.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I (5).pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf Download (546kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan kolaborasi peserta didik dengan pembelajaran lesson study pada tahapan do pada mata kuliah Perubahan Iklim. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Data kualitatif di peroleh dalam penelitian ini melalui dokumentasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiwa Program Studi Pendidikan Fisika 2021, yang menempuh mata kuliah Perubahan Iklim. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan transcript based lesson analysis (TBLA) berbantuan perangkat lunak NVivo untuk mengkategorikan pola interaksi dan keterampilan kolaborasi peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan lesson study memberikan dampak pada keterampilan kolaborasi peserta didik. Analisis TBLA dan NVivo terlihat bahwa peserta didik menujukkan aspek kolaborasi, seperti tanggung jawab bersama, komunikasi efektif, partisipasi aktif, serta kemampuan menyelesaikan masalah. Data hasil coding NVivo menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik pada setiap siklus memiliki perubahan dalam setiap kelompok dengan meningkatnya jumlah dialog dalam diskusi peserta didik. Selain itu, peserta didik dalam kelompok lebih terbuka dalam bertukar ide dan pendapat, sehingga pemahaman konsep dan permasalahan yang diberikan peserta didik lebih mendalam dan memberikan dampak pada keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini memberikan implikasi bagi penelitian lain bahwa pembelajaran dengan lesson study dapat diterapkan dalam pembelajaran lain untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Dengan demikian, lesson study dapat menjadi strategi inovatif dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan berbasis kelompok.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Kolaborasi, Lesson Study, NVivo, Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SEMBIRING |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:36 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |