STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN METAKOGNISI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Khairani, Eka Ulfa (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN METAKOGNISI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (792kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (986kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (897kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (882kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Lembar pengesahan ttd.pdf

Download (62kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

This research aims to describe teacher strategies in planning, implementing, and evaluating mathematics learning to improve students' metacognitive skills in class V of elementary school. The study used a qualitative approach with a case study method, conducted at SD Negeri 34/I Teratai. Data were collected through observation, interviews, and documentation, then analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that teachers designed and applied various learning strategies to enhance students' metacognition. These included reflective questioning, collaborative problem-solving, and assessment-based learning. The evaluation involved feedback, reflection, and revision of teaching strategies. This study concluded that a well-structured teaching strategy can effectively improve students' mathematical metacognition skills. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika guna meningkatkan keterampilan metakognisi siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dilaksanakan di SD Negeri 34/I Teratai. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan metakognisi siswa, seperti penggunaan pertanyaan reflektif, diskusi kelompok, pemecahan masalah, dan asesmen. Evaluasi dilakukan melalui umpan balik, refleksi pembelajaran, dan evaluasi ulang strategi pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang terstruktur dengan baik dapat secara efektif meningkatkan keterampilan metakognisi matematika siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Metakognisi, Pembelajaran matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHAIRANI
Date Deposited: 26 May 2025 06:54
Last Modified: 26 May 2025 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78673

Actions (login required)

View Item View Item