Putri, Inayah Dwi (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN PROJEK KREATIF KEWIRAUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (421kB) |
Abstract
karakteristik wirausaha masih kurang maksimal sehingga intensi berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Pemasaran terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran projek kreatif kewirausahaan dan karakteristik wirausaha terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Kota Jambi pada Februari 2025. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dibagikan kepada siswa melalui Google Form dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi MS. Excel dan IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran projek kreatif kewirausahaan tidak memiliki pengaruh positif terhadap intensi berwirausaha siswa dengan thitung sebesar 1,074 dan nilai signifikan 0,285. Sedangkan karakteristik wirausaha memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan thitung 12,843 dan nilai signifikan 0,000. Selain itu, kedua variabel independen juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa secara simultan dengan nilai Fhitung sebesar 82,693 dan nilai signifikan 0,000. Nilai R Square 0,612 (61,2%) menunjukkan bahwa variabel dependen intensi berwirausaha (Y) dipengaruhi oleh pembelajaran projek kreatif kewirausahaan (X1) dan karakteristik wirausaha (X2) sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka, dapat disimpulkan bahwa karakteristik wirausaha memiliki pengaruh yang lebih dominan dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa dibandingkan dengan pembelajaran projek kreatif kewirausahaan yang tidak memberikan pengaruh signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan intensi berwirausaha siswa perlu difokuskan pada pengembangan karakteristik kewirausahaan, seperti keberanian mengambil risiko, kreativitas, dan kemandirian. Selain itu, perbaikan dalam implementasi pembelajaran projek kreatif kewirausahaan juga diperlukan agar lebih efektif dalam membentuk niat berwirausaha di kalangan siswa. entrepreneurial characteristics are still not optimal so that the entrepreneurial intention of class XI students majoring in Marketing is relatively low. This study aims to determine whether there is an influence of creative entrepreneurial project learning and entrepreneurial characteristics on the entrepreneurial intention of class XI students majoring in Marketing at SMK Negeri 2 Jambi City. This study was conducted on class XI students majoring in Marketing at SMK Negeri 2 Jambi City in February 2025. The research data was obtained through a questionnaire distributed to students via Google Form and analyzed quantitatively using the MS. Excel and IBM SPSS Statistic 21 applications. The results of the study showed that creative entrepreneurial project learning did not have a positive effect on students' entrepreneurial intention with a t count of 1.074 and a significant value of 0.285. While entrepreneurial characteristics have a positive and significant effect with a t count of 12.843 and a significant value of 0.000. In addition, the two independent variables also have a positive and significant effect on students' entrepreneurial intention simultaneously with an F count of 82.693 and a significant value of 0.000. The R Square value of 0.612 (61.2%) indicates that the dependent variable of entrepreneurial intention (Y) is influenced by creative entrepreneurial project learning (X1) and entrepreneurial characteristics (X2) the rest are influenced by other variables not examined in this study. Thus, it can be concluded that entrepreneurial characteristics have a more dominant and significant influence on students' entrepreneurial intention compared to creative entrepreneurial project learning which does not have a significant influence. This shows that efforts to increase students' entrepreneurial intention need to be focused on developing entrepreneurial characteristics, such as the courage to take risks, creativity, and independence. In addition, improvements in the implementation of creative entrepreneurial project learning are also needed to be more effective in forming entrepreneurial intentions among students.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Projek Kreatif Kewirausahaan, Karakteristik Wirausaha, Intensi Berwirausaha. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 03:14 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |