jumarin, m.al.buraida (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMPN 6 MUARO JAMBI. S2 thesis, pendidikan olahraga dan kesehatan.
![]() |
Text
Tesis M.Al. Buraida - OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
Abstract
Jumarin, M. Al. Buraida 2025, Pengembangan Instrumen Penilaian Berbais Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 6 Muaro Jambi, Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Jasmani, Program Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing 1) Dr. Hendri Munar, S.Pd., M.Pd., 2) Dr. Reza Hadinata, S.Si., M.Pd Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Soal HOTS, Permainan Sepakbola Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan pengembangan instrumen penilaian HOTS. Analisis kebutuhan, Analisis Kurikulum soal berbasis HOTS di SMP Negeri 6 Muaro Jambi masih belum memadai dikarenakan pendidik kesulitan dalam melakukan pengembangan soal HOTS. Penelitian ini mengangkat materi Permainan Sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMPN 6 Muaro Jambi dengan materi Permainan Sepakbola. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kualitas instrument penilaian berdasarkan validasi ahli materi dan evaluasi memperoleh persentase sebesar 93.33% (sangat layak) dan 91,66% (sangat layak). Soal HOTS tergolong valid sebesar 100% dan reliable dengan koofisien reliabilitas sebesar 0.833. Instrument penilaian HOTS hasil pengembangan memperoleh tingkat kesukaran soal tergolong sukar berjumlah 14 soal. tingkat kesukaran tergolong sedang berjumlah 22 soal, tingkat kesukaran tergolong mudah berjumlah 15 soal. Instrument penilaian HOTS hasil pengembangan memperoleh 24 soal dengan kategori daya pembeda sangat baik, 26 soal kategori daya pembeda baik dan 0 soal kategori daya pembeda jelek. Uji coba pada 100 peserta didik menunjukkan bahwa instrumen ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Respons pendidik dan peserta didik terhadap instrumen juga tergolong positif, dengan aspek isi, bahasa, dan kemenarikan mendapatkan penilaian yang baik dan sangat baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan instrumen penilaian di materi lainnya dalam pendidikan jasmani.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | M. AL.BURAIDA JUMARIN |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 03:44 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |