MAYSARAH, MAYSARAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
THESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Etnosains merupakan pendekatan pedagogis inovatif yang mengintegraasikan dimensi kultural ke dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Konsep ini bertujuan mentransformasi lingkungan belajar melalui penggabungan pengetahuan lokal dan konteks budaya dalam desain kurikulum dan strategi instruksional. Pendekatan etnosains secara fundamental menekankan pentingnya membangun kerangka pembelajaran yang responsif terhadap keragaman kultural dan pengetahuan tradisional. Implementasi etnosains di lembaga pendidikan dasar melibatkan pengembangan metodologi pembelajaran yang berbasis pada konteks sosial budaya lokal. Metode yang dapat diaplikasikan mencakup problem based learning, project based learning, contextual teaching and learning, discovery learning, serta pendekatan inkuiri dan keterampilan proses. Melalui metode tersebut, siswa diarahkan untuk mengkonstruksi pengetahuan secara aktif dengan menghubungkan konsep akademik dengan pengalaman kultural mereka. Integrasi etnosains dalam proses pembelajaran mampu mentransformasi pendekatan konvensional menjadi konstruktivistik, yang tidak sekadar mengekplorasi pengetahuan deklaratif siswa, melainkan secara komprehensif mengembangkan pengetahuan prosedural mereka. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mengonstruksi pemahaman mendalam melalui pengalaman dan konteks budaya yang bermakna, sehingga meningkatkan kapasitas kognitif dan metakognitif dalam proses belajar.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBASIS ETNOSAINS DI SD KOTA JAMBI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | MAYSARAH |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:51 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |