PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD KOTA JAMBI

MAYSARAH, MAYSARAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
THESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Etnosains merupakan pendekatan pedagogis inovatif yang mengintegraasikan dimensi kultural ke dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Konsep ini bertujuan mentransformasi lingkungan belajar melalui penggabungan pengetahuan lokal dan konteks budaya dalam desain kurikulum dan strategi instruksional. Pendekatan etnosains secara fundamental menekankan pentingnya membangun kerangka pembelajaran yang responsif terhadap keragaman kultural dan pengetahuan tradisional. Implementasi etnosains di lembaga pendidikan dasar melibatkan pengembangan metodologi pembelajaran yang berbasis pada konteks sosial budaya lokal. Metode yang dapat diaplikasikan mencakup problem based learning, project based learning, contextual teaching and learning, discovery learning, serta pendekatan inkuiri dan keterampilan proses. Melalui metode tersebut, siswa diarahkan untuk mengkonstruksi pengetahuan secara aktif dengan menghubungkan konsep akademik dengan pengalaman kultural mereka. Integrasi etnosains dalam proses pembelajaran mampu mentransformasi pendekatan konvensional menjadi konstruktivistik, yang tidak sekadar mengekplorasi pengetahuan deklaratif siswa, melainkan secara komprehensif mengembangkan pengetahuan prosedural mereka. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mengonstruksi pemahaman mendalam melalui pengalaman dan konteks budaya yang bermakna, sehingga meningkatkan kapasitas kognitif dan metakognitif dalam proses belajar.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBASIS ETNOSAINS DI SD KOTA JAMBI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: MAYSARAH
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:51
Last Modified: 12 Jun 2025 04:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79688

Actions (login required)

View Item View Item