Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Berbasis Paper Mode terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajara IPAS Kelas IV SD Negeri 28/IV Kota Jambi

saputri, pratiwi (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Berbasis Paper Mode terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajara IPAS Kelas IV SD Negeri 28/IV Kota Jambi. S2 thesis, universitas jambi.

[img] Text
tesis pratiwi saputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
1.cover.pdf

Download (139kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING .pdf

Download (127kB)
[img] Text
3. Halaman_Pengesahan.pdf

Download (153kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
9. BAB IV-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB)

Abstract

Saputri, Pratiwi. 2025. Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Berbasis Paper Mode Terhadap Minat Dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 28/IV Kota Jambi: Tesis, Magister Pendidikan Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Dra. Nazurty, M.Pd (II) Prof. Urip Sulistiyo, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A (kontrol) dan IVB (eksperimen) yang masing-masing terdiri dari 56 siswa.Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur minat belajar dan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Validitas dan reliabilitas instrumen telah diuji sebelum digunakan. Data dianalisis menggunakan uji-t independen setelah dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Quizizz berbasis paper mode dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata skor minat belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 85,21 sedangkan kelas kontrol 76,57. Rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 83,64 sedangkan pada kelas kontrol 74,18. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 baik pada minat maupun hasil belajar, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Quizizz berbasis paper mode terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Quizizz berbasis paper mode efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 28/IV Kota Jambi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Quizizz Paper Mode, Minat Belajar, Hasil Belajar, IPAS

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pratiwi Saputri
Date Deposited: 26 Jun 2025 04:16
Last Modified: 26 Jun 2025 04:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80519

Actions (login required)

View Item View Item