Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi wondr by BNI Menggunakan Metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2)

Putri Hafizah, Delpi (2025) Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi wondr by BNI Menggunakan Metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penerimaan pengguna terhadap aplikasi wondr by BNI dengan menggunakan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Metode ini digunakan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan aplikasi wondr by BNI. Adapun variabel yang digunakan adalah performance expenctancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, habit, price value, hedonic motivation dan security yang merupakan variabel independen; dan behavioral intention dan use behavior yang merupakan variabel dependen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada 100 responden di Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Utama Jambi di Jl. Dr. Sutomo, No. 20, Jambi dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling menggunakan metode accidental sampling. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa seluruh indikator dalam variabel penelitian memperoleh nilai rata-rata di atas 3,25 pada skala Likert 4 poin, yang menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap aplikasi secara umum berada dalam sangat baik. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa terdapat 3 hipotesis yang diterima dan 8 hipotesis yang ditolak. Adapun hipotesis yang diterima adalah habit dan hedonis motivation terhadap behavioral intention; habit terhadap use behavior. Sedangkan hipotesis yang ditolak seperti performance expenctancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, price value, security terhadap behavioral intention; facilitating conditions dan behavioral terhadap use behavior. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerimaan pengguna terhadap aplikasi wondr by BNI lebih dominan dipengaruhi oleh faktor habit dan hedonic motivation. faktor-faktor tersebut terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intention dalam menggunakan aplikasi secara berkelanjutan. sebaliknya, faktor-faktor teknis seperti performance expenctancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, price value, security tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention ataupun use behavior aplikasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Perbankan, Penerimaan Pengguna, Smart PLS, UTAUT 2, wondr by BNI.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: HAFIZAH
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:44
Last Modified: 01 Jul 2025 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80833

Actions (login required)

View Item View Item