PENGGUNAAN HANDOUT DAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS TEORI PERUBAHAN KONSEPTUAL POSNER UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI DAN HUKUM KEKEKALAN ENERGI

Sari, Novita Wulan (2025) PENGGUNAAN HANDOUT DAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS TEORI PERUBAHAN KONSEPTUAL POSNER UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI DAN HUKUM KEKEKALAN ENERGI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (43MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh penggunaan handout dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis teori perubahan konseptual Posner dalam mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi energi dan hukum kekekalan energi. Miskonsepsi merupakan salah satu hambatan dalam proses pembelajaran, khususnya pada konsep energi yang bersifat abstrak. Teori perubahan konseptual Posner merumuskan empat syarat perubahan konseptual untuk membantu peserta didik mengubah konsepsi awal yang keliru menjadi konsep ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Muaro Jambi pada bulan Februari 2025 dengan menggunakan desain penelitian pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa five-tier diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan. Uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan data tidak berdistribusi normal, sehingga analisis yang dilakukan menggunakan uji nonparametrik Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan jumlah miskonsepsi peserta didik sebelum dan setelah perlakuan, ditandai dengan penurunan jumlah miskonsepsi sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan handout dan LKPD berbasis teori perubahan konseptual Posner (z = -3,125). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan handout dan LKPD berbasis teori perubahan konseptual Posner berpengaruh dalam mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi energi dan hukum kekekalan energi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Perubahan konseptual, Handout, Lembar Kerja Peserta Didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: SARI
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:32
Last Modified: 02 Jul 2025 03:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80984

Actions (login required)

View Item View Item