Anggelina, Selin Edri (2025) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHDAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD SWASTA PERTIWI I KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN PERSETUJUAN PRESETUJUAN KA PRODI.pdf Download (704kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (687kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (608kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (695kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Anggelina, Selin Edri. 2025. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Swasta Pertiwi 1 Kota Jambi. Tesis, Magister Pendidikan Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universits Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Indryani, S.Pd.,M.Pd.I., dan (II) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Swasta Pertiwi 1 Kota Jambi (2) Pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar pada siswa kelas I SD Swasta Pertiwi 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SD Swasta Pertiwi 1 Kota Jambi yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas I SD Swasta Pertiwi 1 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa dan kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa. Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan buku pembelajaran dan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan media audio visual. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar unjuk kerja keterampilan membaca permulaan dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis menggunakan uji paired sample t-Test, uji independent sample t-Test dan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa SD Swasta Pertiwi 1 Kota Jambi, (2) media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 1 SD Swasta Pertiwi 1 Kota Jambi. Kata Kunci: Media Audio Visual, kemampuan Membaca, Hasil Belajar Siswa
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, kemampuan Membaca, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Selin Edri Anggelina |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:25 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |