LIDIAWATI, LIDIAWATI (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 28/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan dan lembar persetujuan.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
Abstrac.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (865kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (968kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Lidiawati. 2025. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SDN 28/IV Kota Jambi: Tesis Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Eddy Haryanto, S. Pd., M.Sc. Ed., M.pp., Ph.D. (II) Akhmad Habibi, Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa kelas IV dalam pembelajaran IPAS sebelum diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi; (2) menguraikan proses implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV SDN 28/IV Kota Jambi; dan (3) menganalisis efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas IV SDN 28/IV Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan kognitif. Strategi pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan dengan mengelompokkan siswa berdasarkan kesiapan belajar ke dalam tiga kategori, yaitu belum berkembang, berkembang, dan mahir. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa dari waktu ke waktu. Sebelum tindakan, sebagian besar siswa menunjukkan hasil belajar yang rendah dengan ketuntasan belajar sebesar 43,33%. Secara bertahap, persentase siswa yang mencapai ketuntasan meningkat pada setiap pertemuan. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 63,30%. Meskipun belum sepenuhnya optimal, peningkatan ini menunjukkan adanya kemajuan. Jika dibandingkan dengan data awal sebelum tindakan dilakukan, terlihat peningkatan signifikan. Kemajuan tersebut berlanjut pada siklus II, di mana presentase ketuntasan belajar menjadi 83,30% siswa mulai menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, seperti menganalisis dan mengevaluasi konsep IPAS secara mandiri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Pendekatan ini mampu mengakomodasi keragaman kesiapan belajar siswa serta mendorong partisipasi aktif, rasa percaya diri, dan pencapaian akademik yang lebih optimal dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Kata Kunci: Pembelajaran, Berdiferensiasi, Kemampuan Kognitif
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Berdiferensiasi, Kemampuan Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Lidiawati |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:00 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |