Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pembelajaran TPACK Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Materi Perbandingan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP

Budiman, Ivan (2025) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pembelajaran TPACK Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Materi Perbandingan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (680kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil pengembangan dan mendeskripsikan kualitas modul matematika berbasis pembelajaran TPACK berbantuan aplikasi livewoksheet materi perbandingan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Xaverius 2 Jambi Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996). ADDIE merupakan sebuah akronim dari tahapan yang ada di dalamnya yakni Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek uji coba penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII SMP Xaverius 2 Jambi dengan uji coba perorangan yang dilakukan oleh 1 orang guru matematika dan uji coba lapangan yaitu pada kelas VII D 2 yang berjumlah 31 orang peserta didik. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket validasi media, angket persepsi guru terhadap modul, angket persepsi peserta didik terhadap modul, dan angket kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa modul matematika berbasis pembelajaran TPACK berbantuan aplikasi liveworksheet termasuk dalam kriteria va lid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran serta efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal tersebut dilihat dari : 1) Rerata skor kevalidan modul dari ahli materi yakni 3,26 (Sangat Valid) dan ahli media yakni 3,55 (sangat valid), 2) Rerata skor kepraktisan modul oleh guru yakni 4 (sangat praktis), 3) Rerata skala kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum menggunakan modul adalah 2,99 (Sedang) dan skala kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah menggunakan modul adalah 3,52 (Tinggi). This study aims to obtain development results and describe the quality of TPACK-based mathematics modules assisted by the liveworksheet application of comparative material to improve creative thinking skills of class VII students of SMP Xaverius 2 Jambi This study is a type of research and development (Research and Development), with the ADDIE development model developed by Dick and Carry (1996). ADDIE is an acronym for the stages in it, namely Analyze, Design, Development, implementation, and evaluate. The subjects of this study were teachers and students of class VII of SMP Xaverius 2 Jambi with individual trials conducted by 1 mathematics teacher and field trials, namely in class VII D 2 which totaled 31 students. The research instruments consisted of an instrument validation questionnaire, a material validation questionnaire, a media validation questionnaire, a teacher's perception questionnaire of the module, a student's perception questionnaire of the module, and a creative thinking ability questionnaire. The results of this study indicate that the product developed in the form of a mathematics module based on TPACK learning assisted by the liveworksheet application is included in the valid, practical and effective criteria for use in learning and can effectively improve students' creative thinking skills. This can be seen from: 1) The average score of the module's validity from material experts is 3.26 (Very Valid) and media experts is 3.55 (very valid), 2) The average score of the module's practicality by teachers is 4 (very practical), 3) The average scale of students' creative thinking skills before using the module is 2.99 (Moderate) and the scale of students' creative thinking skills after using the module is 3.52 (High).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, TPACK, Liveworksheet, dan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: BUDIMAN
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:54
Last Modified: 07 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81630

Actions (login required)

View Item View Item