Fadilah, Istiqomah (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AMPAS KELAPA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA ANAK USIA 3-4 TAHUN DIPAUD PERMATA BUNDA MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
hal pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ampas kelapa terhadap kemampuan mengenal warna anak usia 3–4 tahun di PAUD Permata Bunda Muaro Jambi. Latar belakang penelitian ini diprimeri oleh masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenali warna primer dan sekunder, yang salah satunya disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran. Media ampas kelapa dipilih karena merupakan bahan alam yang aman, mudah didapat, dan dapat memberikan pengalaman belajar yang bersifat edukatif dan eksploratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 13 anak yang merupakan seluruh populasi kelompok bermain di PAUD tersebut. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dengan indikator kemampuan menyebutkan warna primer, mencampur warna, dan mengelompokkan objek berdasarkan warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pre-test kemampuan mengenal warna adalah 16,923, sedangkan skor rata-rata post-test meningkat menjadi 27,692. Selisih rata-rata sebesar 10,769 poin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai t = -8,652, df = 24, dan p-value = 0,000 (< 0,05), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media ampas kelapa terhadap peningkatan kemampuan mengenal warna anak usia dini. Abstract: This study aims to determine the effect of using coconut pulp media on the color recognition ability of children aged 3–4 years at PAUD Permata Bunda Muaro Jambi. The background of this research is the low ability of children to recognize primary and secondary colors, which is partly due to the lack of variety in learning media. Coconut pulp was chosen as a medium because it is a natural material that is safe, easily accessible, and provides educational and exploratory learning experiences. This study employed a quantitative approach using an experimental method with a one-group pretest-posttest design. The research sample consisted of 13 children, representing the entire playgroup population at the institution. The research instrument was an observation sheet with indicators such as the ability to name primary colors, mix colors, and categorize objects based on color. The results showed that the average pre-test score for color recognition ability was 16.923, while the post-test average increased to 27.692. The mean difference of 10.769 points indicates a significant improvement. The paired sample t-test yielded a t-value of -8.652, df = 24, and a p-value of 0.000 (< 0.05), meaning that the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This indicates that the use of coconut pulp media has a significant effect on improving early childhood color recognition skills.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Media Ampas Kelapa, Kemampuan Mengenal warna Anak Usia 3-4 Tahun. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | FADILAH ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 04:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 04:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |