Ibrahim, Annisa (2025) PENGARUH MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) TERINTEGRASI TaRL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Halaman Cover.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan (1).pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
Annisa Ibrahim Skripsi full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (214kB) |
Abstract
Pada abad 21, kemajuan sains dan teknologi yang berkembang pesat berdampak pada kemampuan literasi sains pada pembelajaran. Data hasil PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains Indonesia tergolong rendah. Upaya untuk mengoptimalkan kemampuan literasi sains adalah menerapkan model Case Based Learning (CBL) terintegrasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh penerapan model CBL terintegrasi TaRL terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kota Jambi dengan materi sistem pertahanan tubuh menggunakan rancangan non-randomized pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan subjek penelitian kelas XI. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen menggunakan model CBL terintegrasi TaRL dan satu kelas kontrol menggunakan model CBL saja. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes esai sesuai indikator literasi sains yang telah divalidasi oleh dosen pembimbing dan lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Uji hipotesis menggunakan uji parametrik One Way ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan rerata pretest pada kelas eksperimen sebesar 54,17 mengalami peningkatan pada posttest menjadi 85,28. Hasil rerata pretest pada kelas kontrol sebesar 50,69 dan posttest menjadi 68,61. Uji One Way ANCOVA menunjukkan [F(1,69) = 27,560, p < 0,001, ηp² = 0,28] yang mengindikasikan pengaruh signifikan dengan effect size tinggi (eta squared = 0,28). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model CBL terintegrasi TaRL terbukti efektif dan berpengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi dibandingkan dengan penerapan model CBL dengan pendekatan kontekstual.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ANNISA IBRAHIM |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 05:48 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 05:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |