Gurning, Bunga Magdalena (2025) Penerapan Model Learning Cycle Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Soft Skill Dan Hard Skill Siswa Di SMAN 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (133kB) |
Abstract
Gurning, Bunga Magdalena, 2025 Penerapan Model Learning Cycle Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill Siswa Di SMAN 1 Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Mayasari, M.Pd., (II) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Soft Skill Siswa, Hard Skill Siswa, Model Learning Cycle Berbasis Proyek. Permasalahan yang sering terjadi dikalangan siswa SMA adalah kurang optimalnya keterampilan soft skil dan hard skill siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran ekonomi, sehingga diperlukannya model pembelajaran yang tepat guna meningkatkan keterampilan siswa dengan cara menerapkan model learning cycle berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model learning cycle berbasis proyek dalam meningkatkan soft skill siswa kelas XI mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Muaro Jambi, untuk mengetahui penerapan model learning cycle berbasis proyek dalam meningkatkan Hard skill siswa kelas XI mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Muaro Jambi, serta untuk mengetahui penerapan model learning cycle berbasis proyek efektif dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa kelas XI mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desan penelitian kuasi eksperimen. Kuasi eksperimen (one grup prettest-posstest design) digunakan karena penelitian ini menggunakan 1 kelas. Jumlah populasi yang diambil sebesar 142 siswa dan sempel berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji paired sample t test dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan soft skill siswa menggunakan model learning cycle berbasis proyek, terdapat peningkatan hard skill menggunakan model learning cycle berbasis proyek, penerapan model learning cycle berbasis proyek meningkatkan kurang efektif soft skill dan cukup efektif hard skill yang di lihat dari pretest dan posttest dan penggunaan metode learning cycle berbasis proyek dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model learning cycle berbasis proyek pada kelas XI di SMAN 1 Muaro Jambi kurang efektif meningkatkan soft skill dan cukup efektif dalam meningkatkan hard skill siswa, serta dapat diterapkan sebagai model pembelajaran inovatif dalam kurikulum ekonomi di jenjang SMA dan diharapkan penelitian ini mampu menambah wawasan yang berkaitan dengan soft skill dan hard skill siswa menggunakan model learning cycle berbasis proyek, serta dapat dijadikan sebagai literatur /referensi agar mempertimbangkan model pembelajaran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soft Skill Siswa, Hard skill Siswa, Model Learning Cycle Berbasis Proyek |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | BUNGA MAGDALENA GURNING |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:25 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |