Darmawan, Hanif (2025) Pengembangan E-Handout Berbantuan Flipbook Pada Materi Ragam Bentang Alam Serta Keterkaitannya Dengan Profesi Masyarakat Kelas IV di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_HANIF DARMAWAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Darmawan, Hanif, 2025. Pengembangan e-handout Berbantuan Flipbook pada materi ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat kelas IV di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph,D., (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: e-handout, Flipbook ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi Masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses dalam mengembangkan E-handout materi ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat kelas IV di Sekolah Dasar. (2) Mendeskripsikan tingkat validitas Ehandout yang dibuat pada materi ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat kelas IV di Sekolah Dasar. (3) Mendeskripsikan tingkat kepraktisan E-handout yang dibuat pada materi ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model DDDE (decide, design, develop, dan evaluate) yang dilakukan di SDN 98/I Jangga Aur. Model DDD-E adalah model pengembangan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Pada tahap decide, pengembang menentukan kebutuhan, tujuan, serta masalah yang akan diselesaikan. Selanjutnya, tahap design dilakukan untuk merancang dan menyusun skenario pembelajaran, strategi, atau rancangan media yang sesuai. Setelah itu, pada tahap develop, rancangan tersebut diwujudkan menjadi produk nyata seperti e-handout yang siap digunakan. Tahap terakhir yaitu evaluate, berfungsi untuk menilai, menguji, dan memperbaiki produk sehingga hasilnya lebih efektif dan sesuai dengan tujuan awal. Dengan mengikuti keempat tahap ini, proses pengembangan menjadi lebih sistematis, terarah, dan mudah dievaluasi keberhasilannya Adapun data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator, ahli praktisi serta pendapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil perolehan angket validasi bahasa, media, materi, angket respon pendidik dan peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi para ahli, angket praktisi, angket respon peserta didik, observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis untuk mengetahui tingkat validitas dan Tingkat kepraktisan produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa validasi dari penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,7 dengan kategori sangat valid, dari penilaian ahli desain memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kategori sangat valid dan penilaian ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata 5,0 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil dari penilaian angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 4,5. Penilaian dari angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 4,5 dan uji coba kelompok besar memperoleh nilai ratarata 4,66 dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-handout berbantuan flipbook pada materi ragam bentang alam serta keterkaitan dengan profesi di kelas 4 muatan IPS fase B di Sekolah Dasar valid dan praktis diterapkan dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-handout, Flipbook ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi Masyarakat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | HANIF DARMAWAN |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 03:33 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |