PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINTIFIC DI E-COMMERCE TIKTOK SHOP

Maharani, Ar Kacio (2025) PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINTIFIC DI E-COMMERCE TIKTOK SHOP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk Skintific di e- commerce TikTok Shop. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya penggunaan TikTok sebagai platform pemasaran serta banyaknya konsumen generasi Z yang membeli produk skincare setelah melihat promosi dari influencer dan ulasan pengguna lain. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 200 responden yang merupakan pengguna TikTok Shop dan pernah membeli produk Skintific melalui WhatsApp. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik influencer marketing maupun online customer review berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran yang melibatkan influencer dan ulasan online mampu memengaruhi perilaku konsumen, khususnya dalam pengambilan keputusan pembelian di platform digital. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi pelaku usaha dan akademis bagi pengembangan studi pemasaran digital. Kata kunci: Influencer Marketing, Online Customer Review, Keputusan Pembelian, Tiktok Shop

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Influencer Marketing, Online Customer Review, Keputusan Pembelian, Tiktok Shop
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ar Kacio Maharani
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:50
Last Modified: 14 Oct 2025 01:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86486

Actions (login required)

View Item View Item