Husada, Mirfa Oktavia (2025) Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbasis Pendekatan TaRL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Ekosistem. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
Abstract
Pendidikan abad ke 21 menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran yang tidak hanya menekankan pada pencapaian kognitif saja. Beragamnya minat belajar siswa, pendidik memerlukan berbagai layanan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu strategi yang dapat mengakomodasi keberagaman kemampuan siswa. Namun, penerapan pembelajaran berdiferensiasi memerlukan model. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan pembelajaran dimana siswa yang aktif dalam proses pembelajaran untuk menjelaskan ke teman sejawatnya. Jika penerapan model digabungkan dengan pendekatan TaRL akan membantu siswa untuk belajar bersadarkan tingkat kemampuan masing-masing siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbasis pendekatan TaRL. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kota Jambi Tahun ajaran 2025/2026. Sampel penelitian nya adalah X Fase E, E6 sebagai kelas kontrol dan E8 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling. Desain penelitian adalah Non-Equivalent Control Grup Design. Teknik analisis data menggunakan Uji Hipotesis One-Way Ancova. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa model Student Facilitator and Explaining memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. [F(1,51) = 5.040, p = < 0.029, ηp2 = 0,090] nilai p < 0,05 dengan effect size 0,090 secara statistik, sehingga mendukung hipotesis yang menyatakan bahwa pembelajaran yang langsung melibatkan siswa sebagai Facilitator and explaining memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. Nilai eta squared parsial 0,090 (berpengaruh kecil) menujukkan bahwa model pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai facilitator and explaining memberikan pengaruh kecil terhadap hasil belajar siswa. Disimpulkan bahwa model Student Facilitator and Explaining memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan mengendalikan pengetahuan awal. Terdapat effect size dengan pengaruh kecil. Saran dalam penelitian ini, pendidik dapat menggunakan model Student Facilitator and Explaining sebagai sarana alternatif untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Student Facilitator and Explaining, TaRL Approach |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Husada |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 07:36 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |