RANDA, GUSTI (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (52kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI Penulis : Gusti Randa NIM : RRA1E114033 Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing II : Drs. Asradi, M.M Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Penyesuaian Diri Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena lapangan yang terjadi salah satunya adalah siswa merasa mudah merasa malu dengan teman lawan jenis, selain itu siswa juga merasa lebih suka menyendiri dibandingkan bergabung dengan teman-temannya. Siswa kurang mampu menguasai aspek membina hubungan dengan teman sebaya, sehingga siswa kurang mampu menyesuaikan diri dengan teman sebayanya. Pada saat tugas kelompok berlangsung, ditemukan beberapa siswa yang memaksakan pendapatnya agar diterima oleh teman-temannya, namun siswa tersebut tidak mau menerima pendapat teman-temannya yang tidak sependapat dengannya. Sehingga siswa kurang mampu menerima sudut pandang orang lain, yang berarti bahwa siswa tersebut tidak menguasai aspek mengenali emosi orang lain atau empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Kota Jambi yang berjumlah 279 orang. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 70 orang sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan data yang diperoleh lalu di analisis dengan menggunakan statistik parametrik korelasi Pearson product Moment dengan bantuan program SPSS 20.00. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Sebab dari perhitungan koefisien rxy hitung sebesar 0,549 lebih besar dari r tabel sebesar 0,2335. rhitung (0,549) > rtabel (0,2335) dengan lamda (α) = 0,05. R tabel diambil dari tabel signifikansi product moment. Yang mana pada taraf kriteria penafsiran korelasi, diketahui bahwa nilai korelasi sebesar 0,549 berada pada taraf korelasi sedang. Hasil ini memberikan implikasi terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling disekolah, maka guru pembimbing memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu siswa agar memiliki kemampuan penyesuaian diri yang baik sehingga anak tidak akan bertingkah laku emosional, bersifat terarah dan realistik ketika mengatasi masalah yang dihadapinya. Adapun layanan yang akan diterapkan adalah layanan konseling kelompok.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | GUSTI RANDA |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 08:06 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 08:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |