TRISNAWATI, NURIA IDENTIFIKASI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR IN-DOOR PADA SENTRA BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI. JURNAL IDENTIFIKASI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR IN-DOOR PADA SENTRA BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Trisnawati, Nuria. 2019. Identifikasi Pengelolaan Lingkungan Belajar In-door Pada Sentra Bermain Peran di Taman Kanak-kanak Kota Jambi:. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I., Kata Kunci : Pengelolaan, Lingkungan Belajar In-Door, Sentra Bermain Peran, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sentra bermain peran di Kota Jambi Tahun pelajaran 2018/2019 dalam pengelolaan lingkungan belajar in-door di sentra bermain peran dimana dalam pelaksanaannya sentra bermain peran kurang diperhatikan baik segi pengelolaan kelasnya hingga peralatan yang diperlukan pada sentra tersebut sehingga kurang efisien dalam pembelajarannya. Dalam meneliti pengelolaan lingkungan belajar in-door pada sentra bermain peran ini diambil dari berbagai prinsip dan standar umum ataupun khusus, yang mana berdasarkan teori yang ada serta segala hal yang ada sec secara langsung dan damati berulang-ulang sehingga menentukan kualitas dalam sentra bermain peran. Penelitian ini dilakukan di 4 (empat) Taman Kanak-kanak kota jambi yaitu TK Negeri Pembina 2, TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV, TK IT Al-Muthmainnah dan TK Islam Al-Azhar yang dilaksanakan pada Maret 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menyediakan daftar ceklis (sebagai data utama) dan data wawancara guru kelas (sebagai data penunjang). Setelah semua data terkumpul, data di analisis secara kualitatif dan dengan rumus persentase. Hasil penelitian menujukan bahwa pengelolaan lingkungan belajar di Taman Kanak-kanak kota jambi sudah baik. Dari mulai standar pengelolaan PAUD, standar sarana dan prasarana, prinsip umum penataan ruangan in-door, Penataan ruangan dan perlengkapan in-door dan Pengelolaan lingkungan belajar di sentra bermain peran. Ketidaktersediaan banyak terdapat di salah satu TK dengan persentase 62% dan ketersediaan paling baik dengan persentase 82%. Hal itu terjadi karena terdapat kekurangan dalam pengelolaan lingkungan belajar di sentra bermain peran. Dengan demikian, dari hasil yang diperoleh maka disarankan agar guru dan lembaga untuk melengkapi segala keperluan terutama yang berkaitan dengan sentra bermain peran. Di samping itu pengelolaan lingkungan berlajar harus lebih memperhatikan standar sarana dan prasarana agar menunjang seluruh aktifitas anak baik dalam sentra bermain peran ataupun sentra lainnya sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NURIA TRISNAWATI |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 07:02 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 07:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |