ANALISIS PENGARUH DISPOSISI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMP NEGERI 2 BATANG HARI KELAS VIII

RAHAYU, AJENG DARA (2019) ANALISIS PENGARUH DISPOSISI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMP NEGERI 2 BATANG HARI KELAS VIII. ANALISIS PENGARUH DISPOSISI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMP NEGERI 2 BATANG HARI KELAS VIII. (Submitted)

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 2 Batang Hari kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kombinasi (Mix Methods). Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII.4 SMP Negeri 2 Batang Hari dengan pemilihan sampel penelitian berdasarkan hasil angket sehingga diperoleh kelompok disposisi matematika tinggi, sedang dan rendah. Sampel yang diperoleh dari hasil angket yaitu 8 siswa dengan kategori disposisi matematika tinggi, 11 siswa dengan kategori sedang, dan 3 siswa dengan kategori rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk mengetahui kategori disposisi matematika siswa yang akan dijadikan sampel penelitian, teknik tes lembar soal matematika untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil dari analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa disposisi matematika mempengaruhi kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis. Hal ini dilihat dari rata-rata skor kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis pada tiap tingkatan disposisi matematika. DMT DMS DMR Komunikasi Pemecahan Komunikasi Pemecahan Komunikasi Pemecahan 86,25 75 70,90 74,09 53,3 53,3 Hal itu juga terbukti dengan hasil analisis multivariat yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis pada tiap tingkatan disposisi matematika. Perbedaan secara signifikan pada tiap tingkatan disposisi matematika terdapat pada kemampuan komunikasi matematis pada kelompok DMT dengan DMS, kelompok DMT dengan DMR dan kelompok DMS dengan DMR. Sedangkan perbedaan kelompok pada kemampuan pemecahan masalah matematis pada tingkatan disposisi matematika terletak pada kelompok DMT dengan DMR dan kelompok DMS dengan DMR.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AJENG DARA RAHAYU
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:41
Last Modified: 13 Feb 2020 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10413

Actions (login required)

View Item View Item