PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII K SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI

Octaviana, Lisa Monica (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII K SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER (2020).pdf

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (2020).pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR ISI BARU (2020).pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 1 (2020).pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB 5 (2020).pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Octaviana, Lisa Monica. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Kelas VII K SMP Negeri 16 Kota Jambi. Pembimbing I Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd., Pembimbing II Drs. Aripudin, M.Hum. Kata Kunci : think talk write (TTW), menulis teks deskripsi Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII K SMP Negeri 16 Kota Jambi berdasarkan aspek struktur teks dan kaidah kebahasaan teks deskripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Objek dalam penelitian ini adalah kelas VII K sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling (PS). Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan data tes unjuk kerja (sebagai data utama). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi siswa dari hasil posttest lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pretest. Tinjauan ini didasarkan pada rata-rata skor posttest memperoleh rata-rata 76,25 dengan KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia 70. Berbeda dengan kemampuan menulis teks deskripsi dari nilai pretest yang memproleh rata-rata sebesar 57,18. Setelah dilakukan analisis data dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 21, maka diperoleh signifikansi atau sig sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran think talk write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 16 Kota Jambi. Saran yang dapat diajukan adalah memaksimalkan penggunaan model pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: LISA MONICA OCTAVIANA
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:27
Last Modified: 27 Aug 2020 02:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13411

Actions (login required)

View Item View Item