Putra, M. Ryedho Ananda (2020) Perbedaan Gaya Belajar Visual dan Gaya Belajar Kinestetik Pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMA N 6 Jambi Tahun 2020. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
Dok baru 2020-09-16 21.21.04.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (154kB) |
Abstract
ABSTRAK Putra, M. Ryedho Ananda. 2020. Perbedaan Gaya Belajar Visual dan Gaya Belajar Kinestetik Pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMA N 6 Jambi Tahun 2020: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. HJ. Farida Kohar. M.P., (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: gaya belajar visual, gaya belajar kinestetik, hasil belajar. Hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA N 6 Kota Jambi memiliki perbedaan yang signifikan antara siswa satu dengan sisa yang lain. Dari hasil observasi diketahui bahwa penyebabnya adalah perbedaan modalitas belajar siswa. Modalitas belajar ini terdiri dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IIS di SMA N 6 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 6 Kota Jambi dimulai dengan observasi pada bulan Februari hingga penelitian dilakukan pada bulan April 2020. Data penelitian diperoleh dengan dua cara, cara pertama yaitu dengan menyebar angket secara online kepada siswa, dan cara kedua dilakukan dengan meminta data hasil belajar sebelumnya dari rapor hasil belajar siswa. Setelah angket diisi oleh siswa, data kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kemudian dikelompokkan kedalam gaya belajarnya sesuai dengan analisis tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual (visual learner) memiliki nilai hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik (tactual learner). Perbedaan tersebut terlihat pada nilai rata-rata yang dimiliki siswa dengan gaya belajar visual (visual learner) di Kelas XI IPS SMA N Kota Jambi yaitu sebesar 80,18. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik (tactual learner ) cenderung lebih rendah yaitu sebesar 74,90. Kemudian ditegaskan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test. Dimana pada hasil pengujian hipotesis tersebut diperoleh nilai t hitung sebesar 3,814 dan nilai t tabel sebesar 1,991. Karena nilai t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa dengan gaya belajar visual (visual learner) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik (tactual learner).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | M Ryedho Ananda Putra |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 02:27 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 02:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |