ANALISIS KESULITAN BELAJAR DERET TAKHINGGA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Finola, Almonira (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DERET TAKHINGGA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. halaman sampul.pdf

Download (35kB)
[img] Text
8 daftar isi.pdf

Download (24kB)
[img] Text
4 halaman pengesahan.pdf

Download (214kB)
[img] Text
9 Bab 1.pdf

Download (33kB)
[img] Text
13 bab 5.pdf

Download (14kB)

Abstract

Kata Kunci : pengalaman belajar, gaya kognitif, pembelajaran luar kelas Pengalaman belajar adalah serangakaian proses aktivitas dan peristiwa yang dialami oleh setiap individu khususnya siswa dalam ruang lingkup tertentu. Materi pelajaran tidak hanya dapat diperoleh siswa dari pemberitahuan orang lain akan tetapi dapat juga dibangun sendiri oleh siswa melalui proses pengalaman belajarnya sendiri, pada hakikatnya ada empat pengalaman belajar, yaitu: (1) pengalaman langsung, (2) pengalaman melalui perantara, (3) pengalaman melalui bahasa verbal, (4) pengalaman melali ktivitas tertentu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pengalaman belajar yang dimiliki siswa field independent dan field dependent dalam pembelajaran matematika berbasis luar kelas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 2 SMP N 2 Batang Hari yang mempunyai gaya kognitif field independent dan field dependent. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, GEFT, lembar observasi pengalaman belajar, angket pengalaman belajar, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil indentifikasi yang dilakukan pengalaman belajar yang dimiliki siswa dengan gaya kognitif field independent dalam pembelajaran matematika berbasis luar kelas adalah pengalaman langsung 95,83%, pengalaman melalui perantara 60,42%, pegalaman melalui bahasa verbal 91,67%, pengalaman melalui aktivitas tertentu 85,42%. Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan pengalaman belajar yang dimiliki siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam pembelajaran matematika berbasis luar kelas adalah pengalaman langsung 95,83%, pengalaman melalui perantara 62,5%, pegalaman melalui bahasa verbal 97,92%, pengalaman melalui aktivitas tertentu 97,92%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Almonira Finola
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:48
Last Modified: 05 Oct 2020 04:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item View Item