PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI

Napitupulu, Jonggi Manaor (2020) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Napitupulu Jonggi Manaor. 2020. “Pengaruh Kemapuan Komuniksi Guru Dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Kota Jambi”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA, M.Si (II) Drs. H. Arpizal, M.Pd. Kata kunci : Kemapuan Komunikasi Guru, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang mendapat nilai dibawah KKM, hal yang diduga mempengaruhi hasil belajar tersebut adalah kemampuan komunikasi yang kurang baik dan keaktifan siswa yang menjadi dampak buruk terhadap siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi guru dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif yaitu data yang dikumpul dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independent variabel) yaitu kemampuan komunikasi guru (X1), keaktifan siswa (X2), dan variabel terikat (dependent variabel) yaitu hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat dari variabel kemampuan komunikasi guru (X1) memiliki thitung sebesar 5,776. Kemudian untuk ttabel menggunakan df = n - 2 dengan n adalah jumlah sampel, sehingga hasilnya yaitu 58 - 2 = 56, sehingga ttabel = 1,67252. Jadi diperoleh bahwa thitung > ttabel (5,776 > 1,67252). Dilihat dari variabel variabel keaktifan siswa (X2) memiliki thitung sebesar 3,459. Kemudian untuk ttabel menggunakan df = n – 2 dengan n adalah jumlah sampel, sehingga hasilnya yaitu 58 – 2 = 56, sehingga ttabel = 1,67252. Jadi diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3,459 > 1,67252. Terlihat tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,000 berdasarkan cara pengambilan uji simultan bahwa variabel kemampuan komunikasi guru (X1) dan keaktifan (X2) jika diuji bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi guru dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 12 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing : (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA, M.Si (II) Drs. H. Arpizal, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemapuan Komunikasi Guru, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Jonggi Manaor Napitupulu
Date Deposited: 02 Nov 2020 02:09
Last Modified: 02 Nov 2020 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14680

Actions (login required)

View Item View Item