MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN GOTRI LEGENDRI DI TK AL-AQSHA USIA 4-5 TAHUN KOTA JAMBI

SARAMITA, ETI (2020) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN GOTRI LEGENDRI DI TK AL-AQSHA USIA 4-5 TAHUN KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK Saramita, Eti. 2020. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Gotri Legendri Usia 4-5 Tahun di TK Al-Aqsha Kota Jambi. Skripsi, jurusan ilmu pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, (2) Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata Kunci : Kognitif, Bentuk Geometri, Permainan Gotri Legendri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak usia 4-5 Tahun pada kemampuan mengenal entuk geometri di TK Al-Aqsha Kota Jambi belum optimal dan belum mencapai indikator keberhasilan sesuai tahapan usianya, di antaranya anak masih banyak yang kesulitan ketika mengetahui bentuk geometri, memahami bentuk geometri serta menerapkan bentuk geometri. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui tingkat capaian kemampuan mengenal bentuk geometri anak sebelum dan setelah diberikan tindakan melaluipermainan gotri legendri, manfaat dari penelitian ini ialah untuk dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada kemampuan mengenal bentuk geometri anak melalui permainan gotri legendri pada kelompok A di TK Al-Aqsha Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan memiliki langkah-langkah meliputi penyusunan (RPPH), pelaksanaan tindakan, mengobservasi/mengamati, dan juga melakukan refleksi pada setiap pertemuannya. Data yang digunakan adalah jenis data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data ini dapat diperoleh dengan berbagai cara seperti mengisi lembar observasi, angket, dan juga dokumentasi. Kemampuan mengenal bentuk geometri anak sebelum adanya tindakan masih belum berkembang dengan baik dengan nilai 25,5% dalam kategori belum berkembang. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I dengan menggunakan permainan gotri legendri mengalami peningkatan pada pertemuan IV menjadi 72,9%. Telah mencapai batas ketuntasan yaitu 70%, oleh karena itu penelitian dihentikan pada siklus I pertemuan IV. Berdasarkan hasil data yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun di TK Al-Aqsha Kota Jambi dapat ditingkatkan melalui permainan gotri legendri.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, (2) Dra. Destrinelli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kognitif, Bentuk Geometri, Permainan Gotri Legendri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ETI SARAMITA
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:04
Last Modified: 07 Dec 2020 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15135

Actions (login required)

View Item View Item