ANALISIS PERMAINAN TRADISIONAL DI KABUPATEN MERANGIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DISEKOLAH DASAR

Nafisyah, Dhurrotun and Asrial, Asrial and Alirmansyah, Alirmansyah (2020) ANALISIS PERMAINAN TRADISIONAL DI KABUPATEN MERANGIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DISEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER .pdf

Download (30kB)
[img] Text
persetujuan.pdf

Download (156kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (711kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nilai-nilai budaya lokal harus dikenalkan kepada siswa melalui integrasi dalam kurikulum. Guru berperan sebagai ujung tombak pelaksanaan pembelajaran yang harus mengetahui dan mampu memperkenalkan nilai budaya sosial kepada siswa. Salah satu nilai budaya yang dapat dikenalkan yaitu pembelajaran dengan mengintegrasikan permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru dalam mengimplementasikan permainan tradisional pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode mixed methode dengan mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu 19 guru yang berasal dari tiga sekolah yang berbeda di Kecamatan Pamenang Barat tepatnya di Sekolah Dasar Negeri 189/VI Pinang Merah II, Sekolah Dasar Negeri 149/VI Pinang Merah I, dan Sekolah Dasar Negeri 68/VI Mampun Baru II. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan guru dalam mengimplementasikan permainan tradisional dapat dikategorikan sedang dengan pemerolehan skor 26% rendah, 47% sedang, dan 26% tinggi. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua guru mengimplementasikan permainan tradisional dalam proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi yaitu waktu yang kurang, sarana dan prasarana yang terbatas, pengetahuan peserta didik yang rendah, siswa yang susah dikondisikan, dan kepala sekolah tidak mengaharuskan pengeintegrasian permainan tradisional dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dhurrotun Nafisyah
Date Deposited: 15 Jan 2021 06:35
Last Modified: 15 Jan 2021 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15827

Actions (login required)

View Item View Item