Nafisyah, Dhurrotun and Asrial, Asrial and Alirmansyah, Alirmansyah (2020) ANALISIS PERMAINAN TRADISIONAL DI KABUPATEN MERANGIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DISEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
persetujuan.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (711kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (827kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Nilai-nilai budaya lokal harus dikenalkan kepada siswa melalui integrasi dalam kurikulum. Guru berperan sebagai ujung tombak pelaksanaan pembelajaran yang harus mengetahui dan mampu memperkenalkan nilai budaya sosial kepada siswa. Salah satu nilai budaya yang dapat dikenalkan yaitu pembelajaran dengan mengintegrasikan permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru dalam mengimplementasikan permainan tradisional pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode mixed methode dengan mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu 19 guru yang berasal dari tiga sekolah yang berbeda di Kecamatan Pamenang Barat tepatnya di Sekolah Dasar Negeri 189/VI Pinang Merah II, Sekolah Dasar Negeri 149/VI Pinang Merah I, dan Sekolah Dasar Negeri 68/VI Mampun Baru II. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan guru dalam mengimplementasikan permainan tradisional dapat dikategorikan sedang dengan pemerolehan skor 26% rendah, 47% sedang, dan 26% tinggi. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua guru mengimplementasikan permainan tradisional dalam proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi yaitu waktu yang kurang, sarana dan prasarana yang terbatas, pengetahuan peserta didik yang rendah, siswa yang susah dikondisikan, dan kepala sekolah tidak mengaharuskan pengeintegrasian permainan tradisional dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Dhurrotun Nafisyah |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 06:35 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |