Alfinarni, Della (2021) Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi otot untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
BAB IV;.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) |
Abstract
Della Alfinarni, 2021. Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi otot untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Nelyahardi Gutji, M. Pd., (II) Hera Wahyuni, S. Pd, M. Pd., Kejenuhan belajar adalah suatu kondisi mental seseorang saat mengalami rasa bosan dan lelah yang amat sangat sehingga mengakibatkan timbulnya rasa enggan, lesu, tidak bersemangat, atau tidak bergairah untuk melakukan aktfitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kejenuhan belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (2) mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok terhadap kejenuhan belajar siswa pada kelompok kontrol (3) Untuk mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi otot untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa pada kelompok eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitian sebanyak 10 siswa yang ditentukan menggunakan teknik penarikan sampel dengan cara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan wawancara. Teknik pengujian hipotesis mengunakan uji T test. Berdasarkan hasil uji T test bahwa hasil diperoleh nilai Thitung yaitu sebesar 3.978. Adapun hasil dari Ttabel dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,05 yaitu sebesar 1,725. Dapat dilihat bahwa Thitung > Ttabel sehingga hipotesis dinyatakan ada pengaruh teknik relaksasi otot dalam kejenuhan belajar siswa. Berdasarkan hasil pemberian perlakuan/treatment kepada kelompok eksperimen terdapat peningkatan yang dilihat dari hasil Thitung > Ttabel yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Disarankan bagi guru khususnya guru bimbingan dan konseling untuk mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi otot sarana untuk membantu siswa khususnya dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Relakasasi, Kejenuhan Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | DELLA ALFINARNI |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 02:51 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16281 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |