PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Afrizela, Sonia (2021) PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI SONIA AFRIZELA A1D117138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
lembar pengesahan fix.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)

Abstract

Afrizela. Sonia. 2020. Peran Guru dalam Membangun Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Kreativitas Belajar Peserta Didik, Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagusnya kreativitas belajar peserta didik kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi setelah dilakukannya observasi. Data wawancara Berdasarkan pengalaman dari guru kelas tinggi serta guru mata pelajaran agama dan guru mata pelajaran PJOK SD Negeri 211/IX Mendalo Darat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Peran Guru dalam Membangun Kreativitas Belajar Peserta Didik pada aspek pengembangan pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi yaitu mendeskripsikan mengenai bagaimana pengalaman guru dalam Membangun Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara serta dokumentasi. Data pada penelitian ini adalah deskripsi peran Guru dalam Membangun Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru kelas tinggi, guru agama dan guru PJOK SD Negeri 211/IX Mendalo Darat. Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti laksanakan pada peserta didik di kelas tinggi, maka didapatkan hasil yaitu peserta didik kelas tinggi di SD Negeri 211/IX Mendalo Darat memiliki rasa ingin tahu yang besar yaitu dengan seringnya bertanya pada proses pembelajaran, sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bermakna yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang sedang di ajarkan, dapat memberikan gagasan dan usul terhadap suatu masalah pada saat proses pembelajaran berlangsung, dapat mengatakan pendapat secara langsung dan tidak malu-malu pada saat proses pembelajaran, dapat bekerja sendiri ketika mengerjakan tugas yang diberikan , dan senang mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, sedangkan hasil wawancara terdapat informasi atau data yang telah dinarasikan berdasarkan tema-tema yaitu sebagai pengarah, penasehat, metode ceramah, pengkondisian pembelajaran, media pembelajaran, perhatian, motivator, apersepsi, pemanfaatan teknologi, metode pembelajaran, model, dan fasilitator. Berdasarkan Hasil temuan penelitian dan pembahasan didapatkanlah kesimpulan bahwa guru berperan aktif dalam membangun kreativitas belajar peserta didik pada aspek pengembangan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator kreativitas belajar peserta didik dengan adanya 6 peran guru pada aspek pengembangan pembelajaran yaitu peran guru sebagai pengarah, sebagai penasehat, sebagai pengkondisian pembelajaran, sebagai motivator, sebagai model, dan sebagai fasilitator yang berkaitan dengan kreativitas belajar peserta didik berdasarkan dari lima pengalaman guru sebagai informan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sonia Afrizela
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:42
Last Modified: 23 Feb 2021 01:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16489

Actions (login required)

View Item View Item