Maesaroh, Binti (2021) Analisis Profesionalisme Guru Pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Binti Maesaroh.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
ABSTRAK Binti, Maesaroh. 2021 Analisis Profesionalisme Guru pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr.Yantoro, M.Pd. (II) Issaura Sherly Pamella S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Profesionalisme Guru, kompetensi Guru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis profesionalisme guru pada pembelajaran daring tahun pelajaran 2020/2021 di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi pada 11 januari sampai 11 februari 2021 dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan pendekatan fenomenologi menggunakan uji validitas data dengan menggunakan triangulasi teknik.Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah dan guru kelas VD.Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan Kemampuan guru kelas V D dalam menjalankan kemampuan profesionalismenya berjalan dengan baik. Dimana guru memahami karakter belajar peserta didik disesuaikan dengan usia, fisik, intelektual dan emosional siswa. Sehingga guru mampu memahami landasan pendidikan dengan baik.Adanya pengembangan kurikulum yang dilakukan guru sebagai tahap perancangan dan pelaksanaan pembelajaran daring serta evaluasi. Guru dalam mengembangkan potensi peserta didik denganmengembangkan kemampuan siswa, potensi, minat dan bakat siswa. Sikap guru ditunjukan melalui etos kerja selama proses pembelajaran denganmengayomi siswa. Dengan menunjukan kepedulian terhadap seluruh siswa, sehingga terlihat guru tidak membeda-bedakan siswa selama pembelajaran.Selain itu guru menjalin hubungan yang baik dan peduli dengan teman sejawat.Dibuktikan dengan pengamatan peneliti pada forum guru melalui video call via whatsapp. Guru bersikap ramah, santun dan saling memberikan motivasi antar sesama guru. Guru juga berkomunikasi dengan sesama pendidik dengan baik. Guru menguasai bahan ajar mata pelajaran yang terdiri dari beberapa mata pelajaran yang telah disesuaikan dengan indikator dan tujuan RPP. RPP yang dibuat telah mengacu pada prinsip persiapan mengajar.Pada RPP terdapat komponen kompetensi guru dalam pelaksanaan interaksi belajar mengajar.Selanjutnya adanya tindakan reflektif yang dilakukan guru dengan mengevaluasi RPP yang telah digunakan guru apakah telah sesuai dengan proses pencapaian peserta didik. kemudian guru melakukan tindakan selanjutnya dengan memperhatikan tingkat pencapaian pengetahuan peserta didik. Selain itu dalam mengembangkan keprofesionalanya guru memanfaatkan teknologi dengan ikut serta dalam seminar dan kegiatan sekolah yang menunjang proses pembelajaran daring. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa profesionalisme guru pada pembelajaran daring di kelas V D telah dilaksanakan dengan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Binti Maesaroh |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 06:34 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 06:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |