ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS VI SEKOLAH DASAR

Irfan, Muhammad (2021) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD_IRFAN_A1D117212.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAM JUDUL.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Irfan, Muhammad. 2021. Analisis Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar pada Proses Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas VI Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Muhammad Sofwan S.Pd.,M.Pd., (II) Suci Hayati S.Pd.,M.Pd Kata Kunci : Strategi Guru, Kemandirian Belajar, Pjj Proses pembelajaran merupakan sebuah proses mengajar dan belajar, dimana dalam kegiatannya tersebut diperlukan suatu rencana dan bahan materi yang dapat menunjang proses pembelajaran. konsep pembelajaran jarak jauh memiliki konsep yang sama dengan e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar pada proses pembelajaran jarak jauh di kelas VI SDN 66/IV Kota Jambi. Metode penelitian menggunakan teknik pendekatan kualitatif yang digunakan untuk menggambarkan, menjabarkan, mendeskripsikan serta menggali yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah pertama guru melakukan pemberian tugas yang untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa, dengan memberi mereka tugas yang harus diselesaikan dan memberi mereka sejumlah waktu tertentu untuk diselesaikan, memberikan hadiah kepada siswa yang dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, dan memberikan teguran siswa yang gagal menyelesaikan tugas tepat waktu. Kedua dalam upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan anak seperti dengan kerjasama dengan orang tua siswa, orang tua siswa akan melaporkan bukti foto anaknya belajar, melalui cara tersebut diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, karena orang tua akan selalu memantau serta melaporkan aktivitas belajar anaknya. Ketiga, ketika pembelajaran di kelas ada siswa aktif dan ada yang kurang aktif, dan pada saat pembelajaran sekarang siswa terlihat sangat aktif ketika guru melakukan visit home, dan menanyakan materi mana yang belum dipahami oleh siswa, Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam beberapa strategi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar pada proses pembelajaran jarak jauh di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 66/IV Kota Jambi adalah guru melakukan pemberian tugas yang untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa, memberikan hadiah kepada siswa yang dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, dan memberikan teguran ke siswa yang gagal menyelesaikan tugas tepat waktu, guru melakukan kerjasama dengan orang tua siswa untuk memotivasi dan membimbing anaknya dalam belajar, kemudian guru melakukan visit home agar siswa dapat memecahkan masalah dan mampu menjawab tugas yang sulit.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MUHAMMAD IRFAN
Date Deposited: 18 Mar 2021 01:29
Last Modified: 18 Mar 2021 01:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item View Item